Workshop Elektro di Perkampungan Sosial Pingit

Date

Yayasan Realino Seksi Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma melaksanakan program pendampingan perbaikan peralatan rumah tangga yang diadakan setiap Selasa dari bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2017 di rumah Perkampungan Sosial Pingit (PSP). Program pendampingan tersebut diharapkan dapat memberikan tambahan kemampuan di bidang kelistrikan/elektronik bagi warga sekitar. 

Pertemuan awal didahului dengan pengenalan alat-alat ukur kelistrikan dan membongkar peralatan-peralatan elektronik rumah tangga. Beberapa alat rumah tangga yang dibongkar dan di-wiring ulang antara lain: dispenser, mixer, setrika, kipas angin, hair dryer, magic jar, dan blender. 

Pertemuan-pertemuan selanjutnya berkembang menjadi troubleshooting peralatan rumah tangga. Semisal, kipas angin bekas yang didapatkan salah satu warga dari tetangga masih dalam kondisi bagus, tetapi berputar setelah sekian detik dinyalakan. Setelah ditelusuri ternyata kapasitor yang terpasang sudah lemah, sehingga harus diganti kapasitornya. Selain peralatan rumah tangga, warga juga didampingi membongkar dan mengganti komponen-komponen yang rusak pada lampu CFL atau LHE (Lampu Hemat Energi).

More
articles