Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia Anak-Anak Prambanan

Date

Para sahabat semua,

Hari ini adalah hari yang istimewa, Komunitas Belajar Prambanan akan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 dengan lomba-lomba meskipun masih tanggal 9 Agustus 2018. Selain itu, kita mempunyai tempat baru untuk berkumpul dan berkegiatan bersama, yaitu di kolong jembatan prambanan. Meskipun kegiatan dilakukan di kolong jembatan tetapi anak-anak tetap atusias mengikuti kegiatan, lebih dari 45 anak mengikuti aneka lomba yang diadakan. Loba-lomba yang diadakan adalah: Lembar bola ke dalam botol, estafet karet gelang, estafet tepung dan beberapa lomba lain. Untuk anak-anak pra sekolah sampai kelas 2 SD diadakan lomba mengancingkan baju dan memasukkan koin ke dalam celengan.

Kegiatan berjalan dengan sangat seru, keterbatasan tempat tidak mengurangi semangat dan antusias anak-anak. Zizi memborong dua hadiah utama untuk kategori pra sekolah sampai kelas 2 SD. Dia meraih juara satu untuk lomba mengancingkan baju dan memasukkan koin dalam celengan. Zizi yang secara fisik tampak kecil mampu mengalahkan teman-temannya yang secara fisik lebih besar karena dia mampu fokus pada tugas yang diberikan dan tidak mudah terganggu dengan berbagai suara disekitarnya.

Lomba-lomba lain berjalan tak kalah seru, seluruh peserta dibagi dalam tiga kelompok dan mereka berkompetisi mengumpulkan poin untuk menjadi juara. Pembagian kelompok yang dilakukan secara acak secara tidak sengaja mengumpulkan beberapa anak yang sudah SMP dalam satu kelompok dan sempat memunculkan rasa iri bagi kelompok yang lain. Tetapi perlombaan terus dilakukan. Secara mengejutkan pemenang lomba bukan dari kelompok yang lebih banyak anak-anak yang sudah SMP, justru kelompok yang semua anggotanya masih SD mampu mengalahkan kakak-kakak mereka karena mereka lebih kompak.

Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah. Ternyata fisik tidak menentukan keberhasilan kita, tetapi bagaimana kita bisa fokus, konsentrasi dan kompak dalam bekerjasama lebih menentukan keberhasilan. MERDEKA !!     

More
articles