Mewarnai Gerabah Lucu

Date

Bulan lalu kami belajar mewarnai tas dari kain blacu dengan metode sablon celup. Kali ini kami belajar apa lagi ya?

Wah, kakak-kakak pendamping sedang mempersiapkan alat-alat yang akan kami gunakan untuk belajar. Mereka mengeluarkan banyak sekali kuas, mencampur cat dengan air, dan mengeluarkan gerabah-gerabah dengan bentuk-bentuk yang lucu. Ternyata kami diajak untuk mewarnai Gerabah lucu dengan menggunakan cat Aklirik.

Gerabah yang dibawa bentuk nya bermacam bentuk. Ada yang berbentuk doraemon, hello kitty, beruang, sapi, angry bird, mobil, vespa dsb. Kenapa ya menggunakan cat aklirik? Ternyata cat  Aklirik walaupun sudah dicairkan dengan air, mudah meresap saat dipakai untuk mewarnai gerabah dan cepat mengering.

Sebelum mewarnai, kami diajari untuk mencampur warna dasar agar menghasilkan warna yang baru. Ternyata ada warna-warna dasar yaitu merah, kuning, biru, hitam, dan putih. Ketika warna – warna tersebut dicampur bisa menghasilkan warna baru. Merah dan kuning ketika dicampur bisa menghasilkan warna oranye. Merah dan biru menghasilkan warna ungu. Biru dan kuning menghasilkan warna hijau. Merah dan putih menjadi warna pink.

Setelah belajar mengenai warna, kami boleh memilih gerabah yang akan kami warnaii. Berurut dari umur yang paling kecil agar anak-anak yang besar bisa belajar untuk mengalah. Kami dibagi kelompok-kelompok kecil supaya kami bisa berbagi cat. Setiap anak mendapatkan 1 buah gerabah dan 1 buah kuas. Setelah diwarnai gerabah-gerabah tersebut menjadi semakin lucu dan menarik.

Ternyata gerabah tersebut multifungsi, bukan hanya sekedar untuk hiasan. Teradapat 2 lubang yang bisa dipakai untuk menaruh pensil atau bolpoint. Sembari menunggu cat kering kami diajak bermain oleh kakak-kakak Psikologi Sanata Dharma.

Permainan siang ini mengajar kami untuk bisa saling bekerja sama dengan menggunakan balon. Kegiatan ditutup dengan acara ulang tahun, ada salah satu teman kami yang bernama Angel. Dia berulang tahun dan merayakan bersama-sama dengan kami. Acara diisi dengan tiup lilin dan makan bersama.

Selamat Ulang Tahun Angel!

Semoga panjang umur, selalu sehat, bisa belajar dan bermain bersama dengan gembira!

More
articles