Membuat Terompet

Date

Apa yang terlintas dalam pikiran teman-teman ketika mendengar kata “terompet” ? kita biasa melihat banyak sekali penjual terompet di akhir tahun menjelang pergantian tahun. Biasanya orang meniupkan terompet untuk menandai pergantian tahun. Kegiatan Kelompok belajar Ceria juga diisi dengan keterampilan membuat terompet. Idenya adalah dari pada kami membeli terompet lebih baik kami membuat terompet sendiri, lebih hemat, lebih bersih dan ada peluang juga jika kami bisa membuat banyak terompet kami bisa menjual terompet hasil buatan kami ke teman-teman lain yang tidak bisa membuat terompet.

Apakah teman-teman tahu? Ternyata di Cirebon ada salah satu kampung yang mata pencaharian utama pendudukanya adalah memproduksi terompet untuk menyambut malam tahun baru. Namanya adalah Kampung Tegalan. Kampung ini masuk wilayah Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Hampir setiap rumah di kampung tersebut memproduksi terompet tahun baru. Sepanjang jalan utama kampung tersebut dihiasi aneka warna dan model terompet yang digantung di depan rumah para perajin. Mereka sudah mulai memproduksi terompet pada bulan februari lo, mereka membuat terus sepanjang tahun sampai pada akhir tahun mereka sudah memiliki banyak sekali terompet yang sudah jadi dan siap dijual. Ya memang si, terompet yang dibuat pengrajin di sana lebih rumit dari terompet yang kami buat.

Terompet yang kami buat sangat sederhana, kami hanya memakai sedotan yang kami potong seukuran 2 ruas jari dan kami potong meruncing untuk menghasilkan bunyi, setelah itu kami membuat corong dengan menggunakan kertas manila supaya bunyi yang dihasilkan ketika ditiup menjadi lebih keras. Setelah tertempel dengan sempurnya, kami tinggal mempercantik terompet kami dengan menghias menggunakan kertas warna-warni. Dan terompet kami pun sudah jadi dan suaranya tidak kalah dengan terompet yang dijual di pinggir-pinggir jalan.

Teeet Toooot Teeet..

Selamat Tahun baruuu..

More
articles