Membuat Sandwich

Date

Yuhuuii…. setelah 2 minggu Komunitas Belajar Ceria libur karena Idul Fitri, Sabtu ini kami mulai lagi kumpul bersama kakak-kakak. Kakak-kakak pendamping berpesan bahwa anak-anak seusia kami membutuhkan banyak asupan gizi dan protein untuk membantu pertumbuhan yang sehat dan bahagia. Jadi kami harus banyak makan makanan yang banyak gizi dan proteinnya. Pengennya sih dalam satu jenis makanan sudah langsung banyak gizinya, tapi apakah ada makanan seperti itu? Kata kakak pendamping ada makanan yang banyak gizinya dan proteinnya, namanya sandwich. Kalau ada yang belum tau sandwich itu apa, sandwich sama artinya dengan roti isi.

Jadi Sabtu kali ini kita belajar membuat sandwich. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan kakak-kakak mendampingi kami. Proses pembuatannya sangat sederhana. Pertama kami mengambil roti tawar sebagai alas, lalu di atasnya diberi telur dadar, bawang bombai, mayones, tomat. Setelah itu, selembar rorti tadi ditutup dengan selembar roti tawar. Dan jadilah sandwich ala Kelompok Belajar Ceria.

Tapi karena kami lebih suka sandwich yang agak gurih dan kriuk-kriuk, kami panaskan dulu di atas teflon sebelum benar-benar dimakan. Sebelum dipanaskan, sandwich-nya kami olesi dengan mentega. Saat memanaskan, kami dibantu sama kakak-kakak pendamping sebab kompor itu panas dan bahaya kalau kami tidak hati-hatai menggunakannya. Setelah dipanaskan, kami tunggu sebentar lalu makan dengan lahap. Rasanya lezat sekali dan bahkan kami membuat sampai 4 kali loh.

Nah, sekarang kami mau kasih tau gizi apa saja yang terdapat dalam satu porsi sandwich:

  1. Dua lembar roti gandum mengandung 80 kalori, vitamin B kompleks untuk mendorong metabolisme energi. Selain itu juga mengandung zat besi yang bertugas membawa oksigen membuat tubuh selalu segar.
  2. Dalam telur dadar mengandung 4—8- kalori, sumber protein dan lemak, membangun dan memperbaiki sel dan jaringa tubuh serta meningkat imunitas.
  3. Irisan tomat mengandung 5 kalori, membentengi anak dari berbagi jenis penyakit dan berfungsi sebagai anti oksidan untuk melawan paparan radikal bebas.
  4. Bawang Bombay mengandung manfaat vitain C untuk meningkat system imun tubuh, serta berfugsi untuk menghindarkan kita dari terjadinya kanker usus besar.

Wah, ternyata sandwich banyak sekali gizi dan proteinnya, dan mudah sekali membuatnya. Kegiatan Sabtu kali ini sungguh istimewa, karena kami pulang dengan perut kenyang dan bahagia. (stv)

More
articles