Membuat Kartu Lebaran “pop up”

Date

Teman, apakah ada yang sudah tau apa itu kartu pop up? Kartu pop up  adalah kartu yang berbentuk 3 dimensi. Jadi gambar atau ornamen yang di tempel di kartu bisa terlihat muncul atau timbul. Kami diajari oleh kakak-kakak untuk membuat kartu lebaran pop up. Kartu lebaran tersebut dibuat dari kertas manila yang dilipat seukuran kartu. Lalu, kami tempelkan gambar masjid, awan, bintang dan bulan  yang kami gunting dan kami warnai sendiri. Kartu yang kami buat akan kami berikan kepada bapak ibu guru kami di sekolah sebagai bentuk ucapan selamat Idul Fitri.

Ingin tau bagaimana cara membuat kartu pop up ? Berikut kami bagikan bahan dan cara membuatnya, sehingga nanti teman-teman juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan : Gunting, 2 lembar kertas manila seukuran A5, Lem, Pensil, gambar (masjid, awan, bintang, bulan) atau hiasan yang sesuai dengan tema yang teman-teman buat, double tape tebal/sterofoam.

Cara Membuat :

  1. Lipat satu kertas manila ukuran A5 menjadi dua
  2. Buatlah gambar persegi panjang secara vertikal di bagian tengah karton
  3. Gunting bagian persegi panjang yang sudah dibuat, tetapi jangan gunting garis di bagian samping kanan pada persegi panjang
  4. Setelah tergunting, lipatlah hasil guntingan persegi panjang ke dalam
  5. Setelah terlipat, bukalah kertas manila maka di dalamnya ada lipatan dari luar yang berbentuk seperti kursi
  6. Agar luar kartu tersebut tidak bolong, maka bisa ditempelkan kertas manila yang lain sebagai penutup bagian luar.
  7. Tempel gambar masjid yang sudah diwarnai di bagian lipatan yang berbentuk kursi. Jika ingin menambahkan awan, bulan dan bintang bisa ditempel dengan double tape tebal / sterofoam sehingga bisa terlihat menonjol.

Semoga cara-cara sederhana di atas bisa menambah pengetahuan teman-teman untuk bisa membuat kartu pop up seperti kami. Jadi kita tidak perlu bingung lagi ketika kita mau memberikan kartu ucapan Idul Fitri, ucapan Natal, ucapan ulang tahun kepada teman atau guru kita. Asyik ya, kita bisa menghormati sesama kita dengan cara yang unik dan sederhana. (mha)

More
articles