Membuat Es Krim Putar

Date

Tidak seperti biasanya, kakak pendamping telah datang sebelum pukul 13.00. Mereka datang, dengan membawa banyak kantong kresek. Ternyata mereka membawa banyak sekali es batu. Emang mau membuat apa ya? Katanya mau membuat es krim. Wah, kami sungguh penasaran bagaimana caranya membuat es krim hanya mengandalkan es batu?

Karena alat-alat yang dibawa oleh kakak-kakak sangat terbatas, kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya kami memulai proses pembuatan es krim. Pertama-tama kami mengisi baskom dengan potongan es batu yang sudah dipecah-pecah. Lalu, ada kaleng bekas biskuit diisi susu coklat. Kaleng berisi susu cokelat tersebut kami letakkan di tengah baskom yang sudah terisi es tadi. Potongan es batu ditaburi garam kasar. Kami memutar kalengnya sampai susu di dalam kaleng berubah menjadi es krim. Karena harus diputar terus selama 30 menit, kami bergantian satu sama lain. Ternyata garam kasar yang ditaburkan bertugas menjaga es batu untuk tetap beku dan dingin sehingga susu di dalam kaleng berubah menjadi es krim.

Kami seringkali tidak sabar sehingga memutar kaleng cepat sekali. Kata kakak pendamping, setiap orang bisa bergantian per 20 putara kaleng. Kadang saking tidak sabarnya, kami penasaran untuk membuka kalengnya. Namun, kakak pendamping mengingatkan kami bahwa jika ingin mendapatkan es krim, ya harus mematuhi aturannya. Demi makan es krim, kami belajar menahan diri. Dan tentunya, bekerjasama untuk bergantian memutar kaleng.

Akhirnya 30 menit yang kami tunggu telah tiba. Ketika kami buka tutup kalengnya…., whoaaa… ! Kami terkejut dan senang! Terkejut karena susu yang cair itu telah mengeras menjadi es dan senang karena akhirnya bisa makan es buatan sendiri. Es krim tadi kami pindahkan ke gelas kami masing-masing. Kami juga boleh menghiasi dengan misis di atasnya.

Tidak perlu diragukan lagi rasa eskrimnya nikmat, karena dibuat sendiri oleh kami dan dinikmati saat siang hari. Segar!. Karena proses pembuatan yang cukup mudah, kami akan mencobanya sendiri beberapa hari kemudian. Kami menyisihkan uang jajan kami untuk iuran membeli bahan-bahan membuat es krim. Ternyata seru loh membuat es krim bersama teman-teman. Selain hemat karena murah, rasanya nikmat karena buatan sendiri. (stv)

More
articles