Lotisan

Date

Puncak musim kemarau di Jogja terjadi pada bulan Juli. Panas dan gerah tapi kami masih semangat menantikan hari Sabtu. Tidak sabar ingin bertemu dengan kakak-kakak pendamping dan belajar hal baru. Sabtu kali ini kakak-kakak pendamping datang dengan membawa banyak buah-buahan. Kira-kira mau ngapain ya? Kalau buah-buah itu untuk kami makan, berarti cocok dengan udara di Jogja yang panas ini.

Tapi, kakak-kakak pendamping tidak segera membagikan buahnya malah bertanya vitamin apa saja yang terkandung dalam buah-buah tersebut. Kami berusaha menjawab sambil berharap kalau jawabannya benar akan diberi hadiah buah. Kata kakak-kakak pendamping, buah yang berwarna kuning, oranye, merah berarti mengandung vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata kita. Buah-buahan yang rasanya agak asem atau kecut berarti mengandung vitamin C yang berfungsi meningkatkan system imun tubuh kita dan mencegah kita dari sakit flu.

Setelah kakak-kakak pendamping menjelaskan semua fungsi dari buah yang mereka bawa, kegiatan selanjutnya adalah lutisan. Asyikk!! Jadi buahnya dikupas dan dipotong-potong terlebih dahulu lalu selanjutnya dimakan dengan dicolek sambel kacang. Ada buah manga, jambu, timun, papaya, kedondong dan nanas. Rasanya segar sekali dan nikmat karena dimakan bersama dengan teman-teman lainnya. (stv)

More
articles