Kincir Angin Kertas

Date

Apakah teman-teman pernah melihat kincir angin? Atau pernah bermain kincir angin yang terbuat dari kertas? Atau malah mungkin pernah membuat sendiri mainan kincir angin? Kami juga pernah lo belajar membuat kincir angin sendiri.

Tapi sebelum kami bercerita tentang pengalaman kami membuat kincir angin, apakah teman-teman tau apa itu kincir angin? Ternyata kincir angin dapat dijelaskan sebagai sebuah kipas yang bisa digerakkan dengan angin. Jika kita hanya menggunakan kincir angin untuk bermain atau hanya untuk hiasan rumah, ternyata di negara-negara maju, kincir angin digunakan sebagai salah satu pembangkit tenaga listirk lo, salah satu nya adalah di belanda.

Tenaga angin menggerakkan kincir angin dan dengan teknologi tertentu dirubah menjadi energi listrik, luar biasa bukan? Belanda banyak sekali memanfaatkan kincir angin sebagai sumber energi, sampai-sampai Negara Belanda mendapat julukan negara Kincir angin.

Kincir angin mainan yang kami buat sangat sederhana, kami membuatnya dari kertas, sedotan, dan kawat, peralatan yang kami pakai hanya pensil, penggaris, dan gunting. Saat kami membuat kincir angin, kami juga belajar bagaimana kami harus jeli untuk mengukur, menggunting dan menyatukan ujung-ujung guntingan. Jika ukuran dan lipatan kami tidak pas makan kincir yang kami buat tidak bisa berputar.

Cara mengujinya cukup mudah, setelah selesai kami buatt kami mencoba mengayunkan kincir angin yang kami buat atau dengan cara kami tiup. Cara lain yang bisa kami lakukan adalah dengan berlari membawa kincir angin dari kertas tersebut dan kita bisa mengamati apakah kincir angin yang kita buat berputar atau tidak, jika tidak berputar mungkin ada kesalahan. Ternyata walaupun sangat sederhana belajar dan bermain kincir angin itu sangat menyenangkan.

More
articles