Belajar ke Museum Merapi

Date

Teman-teman semua,

Sabtu siang ini (15 September 2018) adalah hari yang ditunggu adik-adik Kelompok Belajar Ceria (KBC) karena kegiatan kami berbeda dari biasanya, kali ini kami akan belajar di Museum Merapi dan Merapi Park.  Kegiatan muali lebih cepat, kami berangkat pukul 11.00 siang menuju Museum Merapi. Sesampainya di Museum Merapi, adik-adik dan kakak-kakak pendamping yang total berjumlah 30 orang makan siang bersama sebelum masuk museum. Setelah makan bersama kami mulai masuk museum dan belajar banyak hal tentang Gunung Merapi. Pukul 13.15, kami menonton film tentang sejarah Gunung Merapi.

Kami sangat senang karena bisa belajar banyak hal, kami bisa membayangkan betapa panasnya awan yang sering disebut wedhus gembel itu karena ditampilkan beberapa barang yang meleleh akibat diterjang awan panas itu. Kami juga bisa membayangkan betapa dasyatnya letusan Gunung Merapi yang memakan banyak korban, menghancurkan rumah-rumah dan lingkungan sekitarnya. Bencana tidak hanya hadir ketika Merapi meletus, setelah meletus ancaman banjir lahar dingin masih harus diwaspadai.

Tetapi dibalik semua bencana selalu ada hikmahnya, manusia diingatkan untuk menjaga keharmonisan dengan alam sekitar dan tidak merusak. Dibalik bencana besar itu alam sekitar diberi kesuburan, material yang dikeluarkan Gunung Merapi juga sangat berguna bagi kehidupan manusia. Mari kita jaga alam sekitar kita.

More
articles