Belajar Bersama Komunitas Bunga Seroja

Date

Para sahabat semua,

Hari Minggu, 9 September 2018 menjadi hari istimewa karena SPM Realino membuat kegiatan bersama komunitas Bunga Seroja Sosrowijayan. Perjumpaan SPM Realino dengan komunitas Bunga Seroja sebenarnya sudah pernah terjadi setahun yang lalu tetapi karena padatnya agenda kegiatan masing-masing komunitas maka belum pernah terjadi kerjasama.

Pada kesempatan ini SPM Realino mengundang Pak Bambang dan tim pendamping dari LPUBTN (Lembaga Pendamping Usaha Buruh Tani dan Nelayan) untuk mengadakan pelatihan membuat shampoo, sabun cuci piring dan pewangi pakaian. Kegiatan dimulai pukul 16.00 dengan pengantar dan penjelasan singkat yang diberikan Pak Bambang dan langsung dilanjutkan dengan praktek membuat shampoo. Para peserta tampak antusias meskipun ada sedikit kendala. Alat pengaduk yang dibawa ternyata kurang sehingga proses agak tersendat.

Meski ada sedikit kendala, 10 orang peserta yang dibagi dalam 5 kelompok tersebut sangat bersemangat terlebih setelah mereka berhasil membuat shampoo. Setelah semua kelompok mulai berhasil membuat shampoo dilanjutkan dengan membuat sabun cuci piring dan pewangi pakaian. Kendala lain muncul ketika peserta kekurangan botol yang digunakan untuk menampung hasil karya mereka. SPM Realino sudah membawa 30 buah botol kecil ternyata masih kurang. Para peserta sibuk mencari botol-botol bekas yang masih bersih untuk mengemas hasil produksi mereka.

Kegiatan berakhir pukul 18.00, seluruh hasil karya para peserta dibawa pulang untuk digunakan sendiri. Kerjasama ini menjadi baru awal dari rencana pemberdayaan komunitas Bunga Seroja. SPM Realino berharap bisa terus bekerjasama mengadakan berbagai kegiatan ketrampilan dan pemberdayaan bagi komunitas Bungan Seroja.

More
articles