13 Agustus

simple pouch

August 10, 2019

 

Minggu lalu, ibu-ibu Bongsuwung melanjutkan kegiatan untuk membuat simpel pouch dari bahan dasar kain katun. Dengan ditemani oleh seorang trainer yang memang selama ini mendampingi ibu-ibu, teman-teman volunteer dari Realino juga ikut membantu untuk mengarahkan kegiatan menjahit tersebut. Pelatihan membuat pouch dimulai pukul 15.00 dan selesai pukul 17.30 sore. 

Langkah awal membuat pouch yaitu mereka diajari untuk membentuk pola pouch dan furingnya sesuai ukuran yang diinginkan. Mereka bebas membuat pouch tanpa harus mengikuti satu ukuran saja. Setelah itu, pola yang sudah dipotong diikat dengan jarum pentul agar supaya tidak lepas ketika dijahit. Karena menjahit membutuhkan kejelian dan kesabaran, sehingga trainer mengajari ibu-ibu untuk pelan-pelan saja dalam proses menjahitnya. Kerapian tidak menjadi hal utama untuk mengarahkan mereka agar bisa menjahit. Meskipun menggunakan mesin jahit portable, ternyata ibu-ibu perlu penyesuaian yang cukup lama. Partisipan yang hari itu berjumlah sekitar lima orang, satu persatu berhasil membuat pouch dengan corak yang berbeda, ada yang bunga-bunga, garis-garis, dan corak boneka. 

Dari kegiatan tersebut, terlihat antusias para ibu-ibu dalam membuat karya baru itu dan semangat baru karena menjahit dan membuat pouch menjadi kegiatan berkelanjutan yang akan terus diajarkan kepada ibu-ibu. Semoga, kedepannya mereka semua bisa menjahit dan menghasilkan berbagai macam kerajinan yang menarik. (MR)