29 Juli

Survey Beasiswa Realino

16 Juli 2019

Selasa pagi, beberapa teman-teman Realino mengadakan survey lanjutan untuk program beasiswa pendidikan Realino di Kota Wonogiri. Tujuan dari survey ini adalah untuk bertemu langsung anak-anak calon penerima beasiswa dan berbicang dengan keluarga mereka, sehingga kami bisa melihat kondisi keluarga mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kepalsuan dan manipulasi data yang diajukan oleh pihak-pihak yang mampu (kategori di tingkat perekonomian keluarga). Karena salah satu faktor kenapa pihak yang mengajukan beasiswa tidak diterima adalah kami mempertibangkan kondisi keluarga mereka dan prioritasnya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Yayasan Realino sendiri. 

Perjalanan kami menuju ke Wonogiri memakan waktu kurang lebih tiga jam. Pertama kali, kami langsung menuju Sekolah SMP Kanisius P. Senopati Tirtomoyo pada pukul 10.00 a.m. Dengan membawa daftar siswa, kami meminta izin pihak sekolah untuk mengizinkan kami mengunjungi rumah para siswa tersebut ditemani dengan mereka. Ada 11 calon penerima baru beasiswa Realino yang kami kunjungi hari itu. 

Menyadari bahwa pentingnya pendidikan membuat saya pribadi memahami bahwa kesulitan ekonomi seharusnya tidak menjadi alasan bagi orang tua manapun untuk mengirim anaknya ke jenjang pendidikan, karena ada banyak bantuan pemerintah atau non-pemerintah yang ditawarkan bagi keluarga yang memang kurang mampu secara finansial. Salah satunya Beasiswa Realino ini. Meskipun Realino adalah Yayasan Katholik namun beasiswa pendidikan yang diberikan berlaku untuk semua anak tanpa melihat apa latar belakang keyakinan mereka. Dan hari itu, kami mengunjungi sebagain besar siswa yang beragama Islam. Ini adalah salah bentuk kegiatan sosial kemanusiaan, dimana perbedaan bukan menjadi alasan untuk tidak membantu orang lain. (MR)